Fasilitator sekolah penggerak H. Abdullah Muslim, M.Pd,  didampingi Miftahol Huda, S.Pd, M.Si, M.Pd  pengawas Sekolah, melakukan kunjungan lapangan di SDF Al-Falah Dempo Barat,  Sabtu, 28 Oktober 2023.


Kegiatan kunjungan lapangan ini sebagai salah satu agenda pendampingan PSP 3  (Program Sekolah Penggerak) tahun ke-1. Kunjungan lapangan ke sekolah dilakukan 1 tahun sekali dan baru dimulai tahun 2023.


Kunjungan lapangan ini bertujuan memastikan sejauh sekolah telah mengimplementasikan kurikulum merdeka dilaksanakan di sekolah dan  membangun hubungan yang harmonis, bersinergi, melakukan konfirmasi terhadap hasil diskusi pada forum Pokja Manajemen Operasional (PMO) pada tingkat sekolah.


Pelaksanaan diawali dengan diskusi fasilitator bersama pengawas sekolah, kepala sekolah, serta wakil kepala bidang kurikulum untuk berdiskusi dan memeriksa dokumen KOSP (Kurikulum Operasional Sekolah Penggerak), dilanjutkan dengan pengamatan di kelas saat proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru.


Setelah selesai pengamatan proses pembelajaran di kelas, diskusi dan refleksi dilanjutkan bersama dengan komite pembelajaran dan semua guru yang ada di sekolah. Kali ini semua melakukan refleksi hasil pengamatan proses pembelajaran. Guru menyampaikan hal-hal terkait hambatan atau kendala dalam implementasi pembelajaran yang berdiferensiasi.


Ada beberapa saran dan catatan dari fasilitator yang perlu diperbaiki dalam implementasi Kurikulum Merdeka yang sudah dilakukan. Hal ini sebagai evaluasi untuk memperbaiki implementasi Kurikulum  Merdeka di SDF Al-Falah  tahun depan.


Aktivitas kunjungan lapangan di awali dengan penyambutan rombongan oleh guru dan siswa di halaman sekolah yang dimeriahkan oleh Seni banjari  SDF Al-Falah, lalu kemudian sambutan kepala sekolah dan diakhiri dengan doa bersama serta ucapan terima kasih, pemberian cindera mata serta foto bersama.


"Semoga kunjungan ini bermanfaat dan berkah serta memberikan semangat baru di dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di sekolah dan bermuara kepada pembelajaran yang berbasis pada anak yg dilakukan dengan nyaman dan menyenangkan" harap kepala sekolah, Moh Yasin.